Penulis / NIM
DELVI R. SUMA / 111416007
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
Delvi Suma. 2021. Studi Komparasi Tentang Percaya Diri Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dan Siswa yang Tidak Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd. dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi., M.Si., Psi.
Permasalahan yang dihadapi Siswa SMP Negeri 1 Kabila yaitu adanya siswa yang mengalami masalah terkait percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan percaya diri pada Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dan Siswa yang Tidak Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler.
Penelitian ini adalah komparatif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel (percaya diri dan ekstrakurikuler). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila yang berjumlah 30 orang siswa. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode skala yaitu menggunakan kuisoner yang berisi instrument pernyataan untuk mengukur variabel dalam penelitian.
Dengan demikian dapat disimpulkan dari hasil penelitian menunjukkan hasil uji t dengan beberapa aspek hasilnya menunjukkan koefisien t sebesar 3.443 dengan taraf signifikan sebesar 0.969 (p < 0,05) dan df = 28 diperoleh nilai t sebesar 1,701. Jadi jika dilihat dari hasil maka siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lebih percaya diri dibandingkan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Kata kunci : Studi Komparasi, Percaya Diri, Ekstrakurikuler
Download berkas