Penulis / NIM
SINTIYA MOOMIN / 111416020
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Moomin, Sintiya. 2020. Pengaruh Konseling Kelompok Self Management Terhadap konsep diri Negatif Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Maryam Rahim, M.Pd dan Salim Korompot, S.Pd, M.Pd, juga selaku sebagai pembimbing I dan pembimbing II.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh konseling kelompok self management terhadap konsep diri negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konseling kelompok self management terhadap konsep diri negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Variabel bebas yaitu konseling kelompok self management dan variabel terikat yaitu konsep diri negatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 154,90 dan nilai rata-rata posttest 101,50. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 22,557>3,25. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh konseling kelompok self management terhadap konsep diri negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dapat diterima dalam artian bahwa konseling kelompok dapat meminimalisir konsep diri negatif.
Kata Kunci : Konseling Kelompok Self Management, Konsep Diri Negatif
Download berkas