Penulis / NIM
VIVIN FEBRIANTI TAHIR / 111416050
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Tahir, Vivin Febrianti. 2020. Pengaruh Konseling Kelompok REBT Terhadap Penyesuaian diri Siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Salim Korompot, S.Pd, M.Pd, juga selaku sebagai pembimbing I dan pembimbing II.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ƒ..."Apakah ada pengaruh konseling kelompok REBT Terhadap Penyesuaian diri Siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Tolangohula Kabupaten Gorontalo.?ƒ‚. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok REBT Terhadap Penyesuaian diri Siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Variabel bebas yaitu konseling kelompok REBT dan variabel terikat yaitu penyesuaian diri. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Tolangohula Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 8 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 125,88 dan nilai rata-rata posttest 157,38. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 15,091>3,50. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh konseling kelompok REBT Terhadap Penyesuaian diri Siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Tolangohula Kabupaten Gorontalo, dapat diterima dalam artian bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa.
Kata Kunci : Konseling Kelompok REBT, Penyesuaian Diri.
Download berkas