Penulis / NIM
RAHMAWATI TALIB / 111416052
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati Talib. 2020. ¢"Pengembangan Buku Saku Motivasi Berprestasi Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pribadi Pada Siswa SMP Negeri 3 Kota Gorontalo¢.Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. WennyHulukati, M.Pddan Pembimbing II Dr. Sukma N. Botutihe, M.Psi, Psikolog.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ¢"bagaimana kondisi awal motivasi berprestasi pada siswa SMP Negeri 3 Kota Gorontalo? Dan bagaimanakah produk buku saku motivasi berprestasi sebagai media bimbingan dan konseling pribadi di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi awal motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo dan menghasilkan produk buku saku motivasi berprestasi sebagai media dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pribadi pada siswa SMP Negeri 3 Kota Gorontalo.
Untuk memperoleh hasil penelitian terhadap pemasalahan diatas, peneliti mengunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Metode penelitian Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang di gunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan metode tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan buku saku motivasi berprestasi dapat digunakan sebagai media bimbingan dan konseling pribadi untuk memberikan informasi kepada siswa tentang motivasi berprestasi. Media ini telah layak dibaca oleh siswa untuk mendapatkan pemahaman atau informasi tentang motivasi berprestasi. Melalui materi yang mudah dipahami dan menarik untuk dibaca karena telah melalui tahap uji validasi ahli masing-masing oleh pakar ahli desain pembelajaran, ahli bahasa dan ahli bimbingan dan konseling.
Kata kunci:MotivasiBerprestasi, Bimbingan dan Konseling Pribadi, Buku saku
Download berkas