Penulis / NIM
MARSANDA POLUMULO / 111417013
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstrak
ABSTRAK
Marsanda Polumulo. 2022. Hubungan Percaya Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpesonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Maryam Rahim, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Sukma Nurilawati Botutihe,S.Psi, M.Psi, Psi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki masalah dalam kemampuan komunikasi interpersonal dan percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan percaya diridengan kemampuan komunikasipada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner percaya diri dan kemampuan komunikasi interpersonal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara percaya diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal Siswa di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo, yang ditunjukkan oleh nilaikoefisiendeterminasi Rsebesar 0,579%.Hasil ini berdasarkan perhitungan model persamaanregresi yang telahdilakukandiperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,5792= 0,335 x 100% = 33,5%. Yang artinya Hal ini dapat disimpulkan bahwa percaya diri sangat berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal siswa. Jika semakin baik percaya diri siswa maka semakin meningkat komunikasi interpersonali siswa. Sebaliknya jika percaya diri siswa kurang baik maka semakin rendah pula komunikasi interpersonal siswa.
Kata Kunci: Percaya Diri, Kemampuan Komunikasi Interpersonal
Download berkas