Penulis / NIM
FATMA HUSA / 111417015
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
Fatma Husa, NIM 111417015. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Bimbingan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr.Tuti Wantu, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Ibu Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif kolerasional dengan jumlah sampel 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi sederhana.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Besar Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Berkomunikasi siswa mencapai 58.9% sedangkan sisanya sebesar 41.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Selanjutnya Koefisien regresi X sebesar 0,967 menyatakan bahwa setiap penambahan nilai variabel X (Kecerdasan Emosional), maka nilai partisipasi variabel Y (Kemampuan Berkomunikasi) meningkat sebesar 0,967. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berkomunikasi
Download berkas