Penulis / NIM
RIZKY WULANDARI SUGITO PUTRI / 111417038
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Rizky Wulandari S. Putri. 2022. Nim: 111 417 038. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Tugas terhadap Percaya Diri Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Tuti Wantu, M.Pd dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi, M.Psi
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah rendahnya percaya diri mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik tugas terhadap percaya diri mahasiswa baru Tahun Ajaran 2021-2022.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan eksperimen semu yang menggunakan ne group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok teknik tugas) dan variabel Y (percaya diri). Perlakuan diberikan 8 kali terhadap mahasiswa baru Tahun Ajaran 2021-2022 yang berjumlah 12 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Baru angkatan 2021 yang berjumlah 12 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket yang berfungsi sebagai pre-test dan post-test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan Uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = sebesar 7,6896. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% Diperoleh t (dk = - 2 = 12 + 12 " 2 = 22) = 1.701. artinya thitung > tdaftar. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi Terdapat pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Tugas terhadap Percaya Diri Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022, dapat diterima. Maka untuk meningkatkan percaya diri mahasiswa, hendaknya digunakan layanan bimbingan kelompok teknik tugas.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik tugas, percaya diri mahasiswa
Download berkas