SKRIPSI

Penulis / NIM
REGITA YULIAWATI / 111417060
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
Regita Yuliawati Cuyuw, 2022."Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar di Masa Pandemi (Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 1 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M.Pd, dan Pembimbing II Murhima A, Kau, S.Psi, M.Si. Dampak Covid-19 terhadap dunia pendidikan sangat besar dirasakan oleh berbagai pihak terutama guru, kepala sekolah, peserta didik dan orang tua. Dengan dilakukannya penutupan sekolah, maka pemerintah mengambil langkah agar proses pembelajaran tidak tertinggal dan peserta didik tetap menerima hak untuk mendapatkan ilmu. Maka dari itu keputusan pemerintah selanjutnya yaitu proses pembelajaran tetap berlangsung tapi tidak dengan tatap muka melainkan dengan cara online. Banyak pihak yang menilai pembelajaran secara online ini merupakan proses belajar dan mengajar yang tidak efektif. Hal ini secara otomatis akan berdampak pada prestasi dan motivasi peserta didik dan beberapa kendala yang diakibatkan oleh faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami dirumah maupun disekolah dalam pembelajaran dan juga berdampak pada orang tua kembali mendapat tugas tambahan dirumah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan belajar siswa di masa pandemic Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang setelah dilakukan perhitungan didapatkan jumlah sampel penelitian adalah 135 siswa yang bersedia menjadi responden. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan tentang faktor-faktor kesulitan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo dapat disimpulkan bahwa masing-masing faktor kesulitan belajar siswa persentasenya adalah untuk faktor eksternal (faktor keluarga 73% kategori sedang, faktor sekolah 73% kategori sedang, faktor media massa 69% kategori sedang) dan persentase faktor internal (faktor fisiologis 75% kategori sedang dan psikologis 70% kategori sedang) Kata kunci: Kesulitan Belajar, Pandemi Covid-19, Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011