Penulis / NIM
YULPRIS SUSAN KALENGGIHANG / 111417066
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKMA NURILAWATI BOTUTIHE, M.Psi / 0017107302
Abstrak
ABSTRAK
Yulpris Susan Kalenggihang. 2021. Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru. Pembimbing I Dr. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sukma Nurilawati Botuihe, S.Psi, M.Psi, Psi.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Telaga Biru dengan menggunakan konseling kelompok behavioral, bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap keterampilan bertanya siswa.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru berjumlah 40 siswa. Anggota sampel berjumlah 12 siswa ditetapkan berdasarkan teori bimbingan dan konseling secara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai teknik utama dan observasi sebagai teknik pendukung. Analisis data digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis.
Bedasarkan analisis data diperoleh harga thitung sebesar 49,07, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5 % diperoleh t0,975 (22) = 2,07 Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada di luar daerah penerimaaa H0 di mana thitung (49,07) > dari ttebel (2,07), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 tolak dan menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap keterampilan bertanya siswa, dapat diterima. Dengan arti bahwa konseling kelompok behavioral dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru.
Kata Kunci : Konseling Kelompok Behavioral, Keterampilan Bertanya
Download berkas