Penulis / NIM
RIZKY PRATAMA S. OLII / 111418012
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MOHAMAD RIZAL PAUTINA, M.Pd / 0019118804
Abstrak
ABSTRAK
Rizki Pratama S. Olii. 2023. Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Attachment Siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo‚. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Mohamad Rizal Pautina, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi oleh siswa siswa kelas X di SMK Negeri 2Kota Gorontalo adalah rendahnya perilaku attachment siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konseling kelompok terhadap attachment siswa kelas X di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimenyang menggunakan desain dengan model penelitian True experimental group designƒ‚. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (konseling kelompok) dan variabel Y(attachment). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Dengan anggota sampel 16 orang (menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti). Dari jumlah tersebut diambil 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket) yang digunakan untuk Pre-Test dan Post-Test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 28,75 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (14)=2,145. Ternyata harga t-hitung (28,75) >t-daftar (2,145) atau thitung berada diluar daerah penerimaan H0,sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan: terdapat pengaruh konseling kelompok terhadap perilaku attachment siswa kelas X di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Disarankan guru bimbingan konseling menerapkan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral dalam menangani masalah yang terkait dengan perilaku attachment.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Behavioral, Attachment Siswa.
Download berkas