Penulis / NIM
NUR ANISA M. ZAIN / 111418024
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Zain Nur Anisa M. 2022. Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Terhadap Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Tuti Wantu,M.Pd,Kons dan Pembimbing II Murhima A.Kau,S.Psi,M.Psi, Psi.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah Kejenuhan Belajar dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan konseling kelompok behavioral, bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok behavioral terhadap kejenuhan belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperime dengan rancangan One-Group Pre test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru berjumlah 30 siswa. Anggota sampel berjumlah 8 siswa ditetapkan berdasarkan teori bimbingan dan konseling secara Purposive Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai tehnik utama dan observasi sebagai tehnik pendukung. Analisis data digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan analsis data diperoleh harga thitung sebesar 29,5 sedangkan dari distribusi pada taraf nyata 5% di peroleh t 0,95(14)= 2.07. Ternyata thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0 di mana thitung (29,5) . dari ttabel (2,07), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 tolak dan menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh konselig kelompok behavioral terhadap kejenuhan belajar siswa, dapat diterima. Dengan arti bahwa konseling kelompok behavioral dapat membantu dalam mengrangi atau meminimalisir kejenuhan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Konseling Kelompok Behavioral Kejenuhan Belajar
Download berkas