Penulis / NIM
NANDA OKTAVIANY S. DJAFAR / 111418045
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Pembimbing 2 / NIDN
MOHAMAD RIZAL PAUTINA, M.Pd / 0019118804
Abstrak
ABSTRAK
Nanda Oktaviany S. Djafar. 2022. Deskripsi Regulasi Emosi Negatif Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo‚. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Mohamad Rizal Pautina, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana regulasi emosi negatif pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi regulasi emosi negatif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo secara optimal. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel sensus. Sampel sensus merupakan teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi dijadikan sampel, yang berjumlah 144 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi negatif pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dengan analisis presentase diperoleh hasil sebagai berikut: kemampuan strategi emosi memperoleh hasil persentase 64%, kemampuan mudah terpengaruh emosi negatif memperoleh hasil persentase 66,1%, kemampuan mengontrol emosi memperoleh hasil persentase 40,1%, dan kemampuan menerima respon emosi memperoleh hasil persentase 56,1%, dan secara keseluruhan jumlah total dari setiap indikator regulasi emosi negatif memiliki presentase sebesar 57%. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi emosi negatif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo termasuk pada kategori sedang.
Kata kunci: Regulasi Emosi, Siswa.
Download berkas