Penulis / NIM
DELVIANA NUSI / 111418046
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Pembimbing 2 / NIDN
JUMADI MORI SALAM TUASIKAL, S.Pd., M.Pd / 0006129101
Abstrak
ABSTRAK
Nusi, Delviana. 2022. Pengaruh Bimbingan Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II. Jumadi Mori Salam Tuasikal, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Telaga Biru yaitu rendahnya regulasi emosi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan regulasi emosi melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah pra-eksperimen yang menggunakan desain ¢"One Group pretest dan pottest design¢. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variable X (Bimbingan Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy) dan variable Y (Regulasi Emosi). Anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 15 orang (menggunakan ukuran sampel minimal untuk penelitian eksperimen). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 1.849 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh t0,95 (14) = 1,76. Ternyata harga thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh bimbingan kelompok rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan regulasi emosi siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dalam rangka meningkatkan regulasi emosi pada siswa, direkomendasikan menggunakan layanan bimbingan kelompok rational emotive behavior therapy.
Kata Kunci :Bimbingan Kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy, Regulasi Emosi
Download berkas