Penulis / NIM
MOH. RIKSAL H. AMBOLOLO / 1121416003
Program Studi
S1 - TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LIS M YAPANTO, S.Pi, MM / 0003086904
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAHIM HUSAIN, S.Pi, M.Si / 0016057108
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui margin pemasaran dan efesiensi yang ada di UKM Anugerah dan UKM Khairunisa di Kabupaten Gorontalo. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data secara deskriptif dan kuliatatif. Data yang diperoleh di kumpulkan, kemudian direduksi serta ditarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data secara sistematik untuk mempermudah penelititi memperoleh kesimpulan. Analisis Distribusi Pemasaran Ikan Cakalang (Katsuonus Pelamis) Asap Di Usaha Kecil Menengah (UKM) Di kabupaten Gorontalo. Proses pendistribusian ikan cakalang asap pada UKM Anugerah dan UKM Khairunisa hanya mengolah dan langsung memasarkan ikan cakalang asap langsung ke konsumen dengan cara setiap ikan setelah diasapi langsung di angkut ke pasar menggunakan mobil dan di pasarkan setiap pengunjung pasar. Hasil margin pemasaran pada UKM Anugerah menujukan bahwa kentungan darai hasil penjualan pada pelelangan mengambil keuntungan sebesar Rp 2.000 UPI sebesar Rp 5.000. Sedangkan pada margin pemasaran pada UKM Khairunisa keuntungan pelelangan sebesar Rp 1.000, UPI Rp 2.750. Adapun efesiensi pemasaran yang ada di UKM Anugerah dan UKM Khairunisa sudah sudah memenuhi syarat karena
Download berkas