Penulis / NIM
AMRAIN ABDULAH / 121407004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Amrain Abdullah. 2015. Kinerja Penilik Pendidikan Non Formal dalam Pelaksanaan Tugas di Dinas Dikpora Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi.Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IDrs. H. Yakob Napu, M.Pd. dan Pembimbing IIDr. Mohamad Zubaidi, M.Pd.
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalahbagaimana kinerja penilik Pendidikan Non Formal dalam pelaksanaan tugas di Dinas Dikpora Kabupaten Gorontalo Utara? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja penilik Pendidikan Non Formal dalam pelaksanaan tugas di Dinas Dikpora Kabupaten Gorontalo Utara.Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja penilik PNF yang dinilai telah optimal dapat ditinjau melalui aspek pengawasan dan evaluasi terhadap program PNF. Selanjutnya, tinjauan aspek perencanaan dan pengorganisasian serta pelaksanan program PNF, dinilai belum optimal yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan (profesionalisme) peniliki dalam merancang program PNF dan mengimplementasikannya di masyarakat. Untuk itu diperlukan program pelatihan yang benar-benar bermutu sesuai dengan tugas pokok dankompetensi penilik, serta memberikan alokasi untuk pelatihan bagi penilik PNF yangmemadai. Melalui pelatihan khusus untuk penilik PNF, akan meningkatkan sikap,kemampuan, dan keterampilan para penilik PNF agar mampu meningkatkankinerjanya serta lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai penilik PNF.
Kata kunci: kinerja penilik, Pendidikan Non Formal.
Download berkas