Penulis / NIM
SUSANTI Y. IBRAHIM / 121408031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
ABSTRAK
Susanti Y. Ibrahim. Skripsi yang berjudul “Peran Taman Bacaan Masyarakat Mekar Sari Dalam Melayani Kebutuhan Belajar Masyarakat Di Desa Kayubulan Kec. Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo”. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Tahun 2012. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd, Pembimbing II Dra. Ummyssalam A.T.A Duludu, M.Pd.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran TBM dalam melayani kebutuhan belajar masyarakat di Desa Kayubulan, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Melayani Kebutuhan Belajar Masyarakat Di Desa Kayubulan Kec. Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo sudah diperankan dengan sebaik-baiknya. Peranan tersebut berhubungan dengan keberadaan, tugas dan fungsinya. Peran TBM ini antara lain TBM berperan sebagai sumber pendidikan karena TBM menyediakan buku-buku pengetahuan. TBM berperan sebagai media hiburan karena melalui TBM ini terdapat fasilitas yang bersifat rekrearif yang sehat, murah dan bermanfaat. TBM berperan sebagai sumber informasi karena TBM ini memiliki berbagai koleksi yang didalamnya terdapat berbagai jenis informasi baik yang bersifat umum maupun khusus. Dan TBM ini berperan sebagai sarana komunikasi sebab dapat menjalin silaturahmi antar masyarakat sehingga membuat masyarakat lebih akrab. Selain itu juga TBM ini berperan sebagai sumber kebudayaan karena TBM dapat menghimpun, menyimpan dan melestariakan hasil budaya dan karya umat manusia.
Dengan demikian disimpulkan bahwa Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Melayani Kebutuhan Belajar masyarakat di desa Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo adalah TBM berperan sebagai sumber pendidikan, TBM berperan sebagai media hiburan, TBM berperan sebagai sumber informasi dan komunikasi masyakarakat, serta sebagai sumber kebudayaan.
Berdasarkan kesimpulan diatas maka disarankan TBM ini harus lebih mejalin kerja sama dengan berbagai pihak agar TBM ini sukses sebagai perpustakaan masyarakat yang merupakan sumber belajar dan Harus lebih Meningkatkan sumber daya pengelola agar lebih berkompten demi kemajuan TBM ini kedepan.
Kata Kunci : Peran, Taman Bacaan Masyarakat, Kebutuhan Belajar.
Download berkas