SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSAN BAU / 121408049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
ABSTRAK Susan J. Bau, Nim 121408049. Minat Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C terhadap pelaksanaan Life Skill di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo dibimbing oleh DR. Abd Hamid Isa, M.Pddan DR. Rusdin Djibu, M.Pd. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran tentang Minat Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket C terhadap pelaksanaan Life Skill di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Metode Penelitian dan sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala SKB Kota Gorontalo, Ketua Pokja Kesetaraan, Koordinator Pamong Belajar, Para Tutor Pengajar di SKB kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum minat belajar peserta didik program Paket C cukup baik ini ditunjukan dengan banyaknya peserta didik yang ikut dalam pembelajaran life skill di kelas serta cukup maksimalnya implementasi pembelajaran life skill yang dilakukan tutor di dalam kelas. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik Paket C dalam pembelajaran life skill antara lain dengan a) menerapkan menejemen pembelajaran yang efektif dikelas, b) mengikut sertakan para tutor dalam kegiatan ilmiah tentang life skill serta c) menerapkan metode yang sesuai dengan kondisi para peserta didik. Berdasarkan hasil temuan di atas maka disarankan : 1) meningkatkan kinerja para tutor dalam pembelajaran life skill perlu terus ditingkatkan guna memberi hasil yang maksimal dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, 2) fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran life skill perlu ditambah agar supaya tercipta pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, 3) menjadikan pembelajaran life skill menjadi suatu pembelajaran yang sangat diminati para peserta didik dengan melakukan metode langsung menyentuh kepada peserta didik. Kata Kunci : Minat, Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Life Skill.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011