Penulis / NIM
EMI LAHATI / 121408055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Abstrak
ABSTRAK
Lahati, Emi. 2012. Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Desa Potanga Kecamatan BoliyohutoKabupaten Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Hj Ruslin Badu, M.Pd. Pembimbing II Dr. Hj. Misran Rahman, M.Pd.
Rendahnya pemahaman orang tua atau kurangnya pelibatan mereka dalam pembelajaran mengakibatkan cara pandang yang kurang baik terhadap eksistensi pembelajaran anak usia dini, yang pada gilirannya menyebabkan eksistensi pendidikan usia dini tidak mendapatkan perhatian jika dibandingkan dengan pendidikan formal lainnya. Oleh karena itu maka sosialisasi tentang pembelajaran anak usia dini ini diharapkan memotivasi lahirnya cara pandang positif orang tua terhadap pendidikan usia dini bagi anak-anaknya.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana Persepsi orang tua terhadap pembelajaran anak usia dini di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Persepsi orang tua terhadap pembelajaran anak usia dini di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghendaki analisa dalam bentuk data deskriptif.Peneliti berperan sebagai instrumen utama yang terlibat secara langsung dalam mengumpulkan data melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi.Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu teknik reduksi data, display data dan verifikasi data.
Berdasarkan penelitian dan hasil pembahasan terlihat bahwa selama ini persepsi orang tua terhadap penyelenggaraan pembelajaran anak usia dini khususnya di PAUD At-Taqwa masih kurang mendukung terselenggaranya kegiatan belajar sambil bermain. Sebagian besar orang tua menginginkan anak usia dini dapat segera menguasai kemampuan membaca dan menghitung. Selain itu sebagian orang tua menganggap bahwa tanggung jawab pendidikan anak sepenuhnya tergantung pada tanggung jawab pendidik. Oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah dengan selalu membangun komunikasi dengan orang tua anak usia dini. Adapun upaya yang dimaksud adalah sebagai berikut : 1) Memanfaatkan papan informasi, 2) Memanfaatkan buku profil lembaga, 3) Buku penghubung antara orang tua dengan pendidik serta 4) home visit. Dengan melakukan upaya-upaya tersebut secara rutin maka diharapkan dapat mengubah persepsi orang tua terhadap penyelenggaraan pembelajaran anak usia dini di Paud At-Taqwa Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo akan berubah menjadi lebih baik.
Kata Kunci : Pembelajaran Anak Usia Dini, PAUD
Download berkas