Penulis / NIM
CICON B. HIPPY / 121408068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
Cicon B. Hippy, 2012. Peran Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika di PAUD Putri Sari Desa Margo Mulyo, Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. H. Abd. Hamid Isa, M. Pd dan Pembimbing II Mohamad Zubaidi S.Pd. M.Pd.
PAUD Putri Sari di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo didirikan pada tahun 2007, dengan nama PAUD Putri Sari Dusun Gunung Sari Desa Gandasari, kemudian dengan adanya pemekaran Desa Gandasari pada tahun 2010 maka PAUD ini berubah nama menjadi PAUD Putri Sari Desa Margo Kecamatan Tolangohula.Awal pendirian PAUD Putri Sari ini merupakan suatu upaya mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.
Penelitian mengenai “Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematik Di Paud Putri Sari “ ini berlokasi di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Penetapan objek ini didasarkan atas pertimbangan yakni objek tersebut dapat memberikan data dan informasi yang dibutuhkan sehubungan dengan masalah yang akan diteliti. Disamping itu lokasi ini dipilih karena mudah dijangkau oleh peneliti dalam proses penelitian untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan sesuai dengan permasalahan yang dikaji. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini peneli menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil peneliti menunjuk : 1) pentingnya guru mengembangkan kecerdasan logika matematik, hal ini dilakukan dengan cara perencanan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi. 2) pendidik harus mampu mengembangkan kecerdasan logika matematik agar anak bisa menjadi anak yang bisa berfikir logis serta cerdas angka dan berhitung. 3) pendidikan yang diberikan oleh pendidik kepada anak sebaiknya menjadi perhatian oleh orang tua, karena pendidikan anak usia dini merupakan tanggung jawab bersama bahkan oleh pemerintah juga.untuk itu pendidik yang memegang peranan penting dalam mendidik dan menstimulasi semua kecerdasan anak lebih khusus kecerdasan logika matematik lebih meningkatkan perannya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 4) lebih khusus bagi pihak-pihak yang terkait seperti orang tua, masyarakat,serta pemerintah lebih ikut serta dalam program pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa,agar hambatan-hambatan yang sering ditemui oleh penyelenggara dan guru dalam mengembangkan kecerdasan logika matematik bisa diminimalisir.
Kata Kunci : Kecerdasan Logika Matematika.
Download berkas