Penulis / NIM
ISNAH LAWUO / 121408140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Isna Lawuo, 2012. Peran Pendidik Dalam Kegiatan
Pembelajaran di Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan
Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan
Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing 1, Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd,
pembimbing II, Mohamad Zubaidi, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dijadikan kajian dalam penelitian ini adalah:
bagaimana peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran di
Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten
Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
tentang peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran di
Kelompok Bermain An-Nisa Kecamatan Tolangohula Kabupaten
Gorontalo
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualtitatif dengan teknik pengumpulan data yakni
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pendidik telah mampu memerankan
tugasnya sebagai seorang agen pembelajar. Hal ini dapat dilihat
dari indikator tentang kemampuan guru dalam memerankan tugas
pokoknya yakni: Kemampuan merencanakan pembelajaran,
kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan
melaksanakan penilaian perkembangan anak dan kemampuan
pendidik dalam mengembangkan pembelajaran. Sehingga
berdasarkan hasil penilaian itu maka dapat disimpulkan bahwa
para pendidik di Kelompok Bermain An-Nisa merupakan
pendidik yang Mampu berperan sebagai seorang pendidik anak
usia kelompok Bermain.
Saran dalam penelitian ini adalah agar setiap pendidik anak usia
dini khususnya pendidik anak usia Kelompok Bermain,
hendaklah memiliki kemampuan seperti yang ditelah
diperlihatkan oleh pendidik PAUD di Kelompok Bermain An-
Nisa. Dengan demikian tujuan umum pendidikan anak usia dini
secara nasional dapat diperoleh secara optimal.
Kata kunci: Pendidik PAUD, Kegiatan Pembelajaran
Download berkas