Penulis / NIM
SUANTI TAHIR / 121409007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Suanti Tahir. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak di PAUD Nurul Huda Desa Limehu Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd. dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemandirian anak di PAUD Nurul Huda Desa Limehu Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak di PAUD Nurul Huda Desa Limehu Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak di PAUD Nurul Huda Desa Limehu Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo meliputi faktor orang tua, faktor pendidik dan faktor lingkungan. Ditinjau dari faktor orang tua yaitu melalui pola asuh, pehatian dan interaksi. Pola asuh orang tua yang demokratis sangat merangsang kemandirian anak. Perhatian orang tua yang selalu diberikan kepada anaknya akan membuat anak menjadi siap mental dalam menghadapi sesuatu. Interaksi yang baik dalam keluarga akan membentuk kepribadian anak yang mandiri. Selanjutnya ditinjau dari faktor pendidik yang ada di PAUD Nurul Huda telah membangun kemandirian anak dengan mengintegrasikannya melalui proses pembelajaran dimana kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pendidik telah menjadikan anak mampu mandiri dalam melakukan beberapa hal yang bermanfaat bagi anak tersebut. Demikian pula peran lingkungan sebagai tempat anak bermain dan belajar telah mempengaruhi proses pembentukan kemandirian anak diantaranya seperti penciptaan lingkungan pembelajaran yang kurang kondusif dan menjadikan anak betah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: kemandirian anak, PAUD.
Download berkas