Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Agustini, 2013. Meningkatkan Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng di Kelompok A PAUD Al Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan PLS Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rusdin Djibu, M.Pd.Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesadaran akan pembentukan karakter harus dimulai sejak anak usia dini. Sesuai dengan Program Pemerintah, dalam hal ini pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah metode mendongeng dapat meningkatkan karakter pada anak usia dini di Kelompok A PAUD Al Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo ?Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Observasi dilaksanakan dalam tiga siklus. Data hasil observasi awal terdapat 5 anak berkarakter baik, 14 anak yang berkarakter Cukup 1 anak berkarakter kurang. Berdasarkan hasil observasi pada siklus III meningkat menjadi 6 anak yang berkarakter, 13 anak yang memiliki karakter dengan kategori Baik (B) dan terdapat 1 anak yang berkarakter Cukup (C). Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mendongeng dapat meningkatkan karakter pada anak usia dini. Sehingga disarankan perlu adanya penerapan metode mendongeng dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan karakter pada anak usia dini.Kata Kunci : Metode Mendongeng, Karakter, Anak Usia Dini