SKRIPSI

Penulis / NIM
FANTI H. MOHAMAD / 121409016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK Fanti H. Mohamad. 2015. Kreatifitas Tutor Dalam Memotivasi Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Mekar Desa Kaliyoso Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kreatifitas tutor dalam memotivasi warga belajar di PKBM Mekar Desa Kaliyoso Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas tutor dalam memotivasi warga belajar di PKBM Mekar Desa Kaliyoso Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatifitas tutor mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar. Mayoritas warga belajar yang masih mampu mempertahankan kemampuan aksara karena adanya tutor yang memiliki kratifitas yang tinggi untuk memicu motivasi warga belajar untuk mau belajar agar mampu mempertahankan kemampuan aksara yang dimiliki warga belajar. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran di keaksaraan fungsional inovasi-inovasi yang kreatif perlu dikembangkan agar kemampuan aksara warga belajar dapat terpelihara. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang telah diuraikan bahwa mayoritas warga belajar mampu mempertahankan kemampuan aksara yang dimiliki karena adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk memicu motivasi warga belajar untuk selalu belajar dimana saja dan kapan saja. Pada performen terakhir diharapkan dengan adanya kreatifitas tutor dapat mengurangi angka buta huruf dan buta Bahasa Indonesia bagi masyarakat Gorontalo, sehingga yang benar-benar penyandang buta aksara di daerah ini khususnya di Desa Kaliyoso adalah mereka yang tidak pernah mengikuti program Keaksaraan Fungsional. Dengan demikian ketertinggalan dalam bidang pendidikan dapat dikejar serta pengetahuan baru yang diperoleh selama proses pembelajaran yang mengintegrasikan life skills (kecakapan hidup) dalam materi pembelajarannya dapat memberikan efek yang positif bagi kehidupan warga belajar guna mendukung upaya perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Kaliyoso. Kata kunci: kreativitas, tutor, KF, PKBM.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011