Penulis / NIM
HADIDJAH MANTALI / 121409023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Hadidjah Mantali. NIM. 121 409 023. 2013. Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran di TK Wiraga 1 Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd, Pembimbing II : Dra.Rapi Us. Djuko, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah; apakah kemandirian anak TK Wiraga 1 dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain peran di TK Wiraga 1 Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi awal menunjukan bahwa hanya 6 anak atau 30% dari 20 anak TK Wiraga I Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo yang memiliki kemandirian yang baik. Setelah dikenai tindakan pada siklus I meningkat menjadi 12 anak atau 60%. Pada siklus yang ke II jumlah anak yang memiliki kemandirian mengalami peningkatan menjadi 16 anak (80%) dari 20 anak di TK Wiraga I Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemandirian anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran pada anak kelompok B di TK Wiraga I Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo setelah dikenai tindakan pada siklus I dan Siklus II.
Kata Kunci: Kemandirian, Metode Bermain Peran
Download berkas