SKRIPSI

Penulis / NIM
SANTI HASAN / 121409032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
Santi Hasan. Nim 121 409 032. Program Studi S I Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain( Puzzle ) Pada Paud Teratai Desa Leboto Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Di Bimbing Oleh Dr. Hj. Misran Rahman, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ummyssalam Duludu, M.Pd selaku Pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain( Puzzle ) Pada Paud Teratai Desa Leboto Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif, serta teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan analisis yang relevan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisis data hasil observasi dan wawancara yang diperoleh dan kemudian dikompirmasikan dengan teori-teori yang relevan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil observasi, di Paud Teratai Desa Leboto Kecamatan Kwandang sebagian anak usia dini belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, terdapat 15 orang dari 20 anak yang berusia 4 - 6 tahun yang belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya tersebut. Hal ini biasa disebabkan suasana di sekolah yang kurang kondusif sehingga menyebabkan anak kurang nyaman dengan lingkungan baru. Sebahagian besar anak ingin selalu ditemani orang tua dengan menunjukkan perilaku yang beranekaragam, ada yang menangis, merengek, pingin digendong, dan ditemani di dalam kelas, tidak mau berpisah dengan orangtunya. Anak pasti mempunyai perasaan bahwa dia akan dipisahkan dengan orang tuanya, karena merasa lingkungan yang baru seolah-olah tidak memperhatikannya dibandingkan kasih sayang orangtunya. Situasi ini juga di sebabkan karena orang tua selalu ikut serta di dalam kelas apabila proses belajar mengajar sedang berlangsung, jadi anak tidak bisa secara aktif dan mandiri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Kata Kunci : Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain( Puzzle )
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011