SKRIPSI

Penulis / NIM
NURSIAH MUZAKKIR / 121409037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
ABSTRAK Nursiah, 2012. Hubungan antara Kreativitas Tutor dengan Motivasi Belajar Warga Belajar Program Paket B di Kelompok Belajar Teratai Desa Kemiri Kecamatan Paguat. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Yakob Napu, M.Pd. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Belajar Teratai Desa Kemiri Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato yang dimaksud untuk mendapatkan gambaran tentang hubungan antara kreativitas tutor dengan motivasi belajar warga belajar. Sesuai hasil pengamatan dipadukan dengan kondisi nyata pada Kelompok Belajar tersebut adalah masih kurangnya motivasi belajar warga belajar, hal ini tercermin dari adanya permasalahan absensi, dimana warga belajar jarang hadir dalam setiap kegiatan pembelajaran, selain itu warga belajar jarang menyelesaikan tugas yang diberikan oleh tutor. Di sisi lain kreativitas tutor dalam mengelola pembelajaran belum secara proporsional memberikan motivasi belajar. Hal ini tampak dimana tutor kurang memberikan penguatan, berupa pujian dan sejenisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah warga belajar program Paket B di Kelompok Belajar Teratai yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kreativitas tutor dengan motivasi belajar warga belajar. Sesuai hasil pengujian hipotesis yaitu harga t hitung > dari harga t daftar. Keeratan hubungan antara kreativitas tutor dengan motivasi belajar warga belajar tersebut ditunjukkan melalui perhitungan koefisien korelasi dan koefisien determinasi yaitu kurang lebih 0,2116 atau 21,16%. Disarankan bagi pengelola program Paket B khususnya Kelompok Belajar Teratai hendaknya dalam menentukan tutor yang akan mengajar agar dapat memilih tutor yang mengajar sederajat dengan SMP/MTS. Karena tenaga guru yang mengajar pada tingkat tersebut memiliki pengetahuan kurikulum dan pedagogik/andragogik yang sama dengan paket B. Selain itu perlu dilakukan pembinaan yang kontinu, terencana dan sistematis terhadap kemampuan tutor dalam meningkatkan kreativitas sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar warga untuk senantiasa aktif dalam mengikuti pembelajaran di Paket B. Kata Kunci : Kreativitas Tutor dan Motivasi Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011