SKRIPSI

Penulis / NIM
IRMA DUNGGIO / 121409040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
Irma Dunggio, 2012. Persepsi Warga Belajar terhadap Penyelenggaraan Program Pendidikan Kecakapan Hidup di PKBM Permai Kecamatan Taluditi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I ; Dr. H. Abd Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II ; Mohammad Zubaidi, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dijadikan kajian dalam penelitian ini adalah : bagaimana persepsi warga belajar terhadap penyelenggaraan program pendidikan kecakapan hidup di PKBM Permai Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi warga belajar terhadap penyelenggaraan program pendidikan kecakapan hidup di PKBM Permai Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi, ketua PKBM, Penyelenggara, instruktur, warga belajar dan masyarakat. Materi wawancara meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata warga belajar memberikan persepsi negatif terhadap penyelenggaraan program pendidikan kecakapan hidup. Dari hasil wawancara mendalam, dapat diketahui bahwa penyebab dari persepsi negatif itu adalah penyelenggaraan program pendidikan kecakapan hidup yang dinilai oleh warga belajar dan masyarakat belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Dimana program ini telah lama dilaksanakan akan tetapi programnya kurang mengena sasaran dan juga belum mampu meningkatkan ekonomi warga belajar yang mengikuti program tersebut. Guna keberlanjutan program pendidikan kecakapan hidup di PKBM Permai, maka disarankan agar semua pihak baik ketua PKBM, penyelenggara, instruktur, warga belajar dan masyarakat dapat bekerja sama dan saling berinteraksi baik sejak tahap perencanaan program sampai pada tahap evaluasi program, hal ini dimaksudkan agar semua pihak yang terlibat dapat merasakan bahwa program tersebut adalah program bersama dan secara bersama-sama pula menyukseskan program pendidikan kecakapan hidup menuju penyelenggaraan program pendidikan kecakapan hidup yang berkualitas. Kata Kunci : Persepsi, Warga Belajar, Pendidikan Kecakapan Hidup.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011