Penulis / NIM
SRIPOPPY YUNUS / 121410008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
Sri Poppy Yunus 2014" Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Warga Belajar Program Paket B di SKB Bone Bolango. Program Studi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I Dr. Misran Rahman, M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Yakob Napu, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan prestasi belajar warga belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn pada warga belajar di SKB Bone Bolango Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
Dalam penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas, di mana dalam penelitian ini mendeskripsikan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada 20 orang warga belajar di SKB Bone Bolango.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada observasi awal 8 orang 40% yang sudah menunjukan peningkatan prestasi, kemudian pada siklus I, 57,5% sebagian warga belajar sudah menunjukan peningkatan prestasi yang diharapkan, dan pada siklus II terjadi peningkatan 75 %. Hal ini dibuktikan oleh hasil analisis data yang telah dikumpulkan melalui hasil penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar warga belajar di SKB Bone Bolango kecamatan Tapa Kabupaten Gorontalo dapat diterapkan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Prestasi Belajar
Download berkas