SKRIPSI

Penulis / NIM
MELIEN S HASAN / 121410014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Abstrak

Melien Hasan,Nim.121 410014, 2013, Dampak Program Pendidikan KeaksaraanFungsional  Terhadap  Kehidupan Sosial Warga Belajar Di Kelurahan  Kayu  Merah  Kecamatan  Limboto Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I : Drs. Yakob Napu, M.Pd dan Pembimbing II : Dr. Hj Misran Rahman,M.Pd.Banyaknya jumlah penyandang buta aksara di negara kita, telah mendorong pemerintah meluncurkan program Keaksaraan Fungsional.Diharapkan dengan terbebasnya masyarakat dari buta akasara dapat memanfaatkan melek aksara serta memfungsionalkan keterampilan yang dimiliki untuk perbaikan kualitas hidup. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak program Keaksaraan Fungsional bagi kehidupan sosial warga belajar.Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui  dampak program pendidikan Keaksaraan Fungsional terhadap kehidupan sosial ekonomi warga belajar diKelurahan Kayu Merah  Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.    Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwadampak program pendidikan Keaksaraan Fungsional terhadap kehidupan sosial ekonomi warga belajar diKelurahan Kayu Merah  adalah : 1) perubahan orientasi hidup yang lebih fungsional, 2) meningkatnya kebermaknaan diri dalam kehidupan diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat, 3) kesadaran untuk menyekolahkan anak, 4) perubahan ekonomi dan penghidupan yang layak, 5) perubahan pengetahuan tentang hak-hak dasar hidup  dan kehidupan  dalam berkeluarga, bermasyarakat, dan berbangsa. Melihat ada juga warga belajar yang tidak memiliki dampak dari program KF, maka direkomondasikan : 1) Program KF sebaiknya menyediakan tutor yang berdedikasi tinggi, memiliki keahlian tertentu yang dapat ditularkan kepada warga belajar, dan memiliki kemampuan mengajar yang baik, 2) pembelajaran keterampilan yang diberikan diharapkan terkait langsung dengan mata pencaharian, peluang usaha, lapangan pekerjaan, dan pendapatan, 3) campur tangan Dinas Pendidikan diperlukan dimana Dinas Pendidikan di daerah ini mau bekerjasama dengan instansi lain, seperti Dinas Perdagangan atau menggandeng pengusaha tingkat lokal untuk diajak bekerjasama dalam penyaluran hasil keterampilan warga belajar. Hal ini akan memudahkan warga belajar dari segi modal usaha dan kejelasan penyaluran hasil keterampilan.Kata Kunci : Program KF, Kehidupan Sosial, Warga Belajar

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011