Penulis / NIM
ASNI USMAN RAUF / 121410038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
Asni Usman Rauf. 2013. Profil Pelaksanaan Pendidikan Life Skill Di PKBM Mekar Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Rusdin Djibu, M.Pd.
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah bagaimana profil pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup atau life skilldi PKBM Mekar Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang profil pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup atau life skilldi PKBM Mekar Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kuantitatif bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data dalam bentuk angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup atau life skill yang ada di PKBM Mekar Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari penilaian masing-masing aspek yaitu: 1) aspek perencanaan mencapai 82%, 2) aspek pelaksanaan mencapai 79%, dan 3) aspek evaluasi mencapai 81%.Sehingga dengan demikian apabila dirata-ratakan maka penilaian untuk seluruh aspek/indikator pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup atau life skill mencapai 80,67% atau dapat dikatakan memperoleh kategori baik. Hal tersebut tentunya didukung oleh proses perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh peserta didik (warga belajar) yang baik pula. Karena dengan demikian akan tercipta suasana dan kondisi belajar dalam hal ini pendidikan dan pelatihan yang kondusif dan nyaman
Kata kunci: profil, pelaksanaan, life skill.
Download berkas