SKRIPSI

Penulis / NIM
ISNA IDHAM LAHAMI / 121410039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak

Isna Idham Lahami, 2013, Perbedaan Status Sosial Tinggi Dan Status Sosial Rendah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Desa Kaliyoso Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Rusdin Djibu, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Ummysalam Duludu, M.Pd.

Keberhasilan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga (orang tua), anggota masyarakat dan pemerintah. Pemerintah dan masyarakat menyediakan tempat untuk belajar yaitu sekolah. Sekolah menampung siswa-siswinya dari berbagai macam latar belakang atau kondisi status sosial orang tua yang berbeda. Namun sering kita temui dalam kehidupan masyarakat adalah anak yang prestasi dan hasil belajarnya rendah meskipun hidup dari orang tua yang status sosialnya tinggi, demikian sebaliknya. 

Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah adakah terdapat perbedaan status sosial tinggi dan status sosial rendah terhadap prestasi belajar siswa SLTA di Desa Kaliyoso Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan status sosial tinggi dan status sosial rendah terhadap prestasi belajar siswa SLTA di Desa Kaliyoso Kecamatan Bongomeme. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode: angket, observasi dan dokumentasi terhadap 66 siswa. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik, yaitu rumus prosesntase dan rumus product moment.

Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata status sosial orang tua siswa SLTA di Desa Kaliyoso tergolong di sedang, karena hasil perhitungan prosentase pada item pertanyaan nilai ‘A’, diperoleh hasil 32,95% yang berarti termasuk kategori sedang, karena berada antara 25% - 50%. Dan hasil belajar siswa SLTA di desa Kaliyoso termasuk kategori baik. Karena hasil perhitungan rata-rata menunjukan antara  75% – 85%.

Sedangkan status sosial tinggi dan status social rendah mempunyai perbedaan yang tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa SLTA di Desa Kaliyoso. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan product moment, hasil yang diperoleh adalah 0,563 dan pada tabel interpretasi berada pada nilai r = 0,40 – 0,70 menunjukkan bahwa antara  variabel X dan Y terdapat perbedaan yang cukup atau sedang. Hasil penelitian ini menunjukan ada perbedaan antara variabel pertama dan variabel kedua yang cukup atau sedang. Dengan demikian hipotesa yang diajukan (Ha) dapat diterima.

 

Kata kunci  : Status sosial,orang tua, pendidikan, dan anak.

 
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011