Penulis / NIM
FITRIYANTO ISA / 121410041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyanto Isa, 121410041. Analisis Faktor Pembentuk Motivasi Warga Belajar Dalam Pengembangan Keterampilan Otomotif di PKBM Kuntum Mekar Desa Talulobutu Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusdin Djibu, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Ummyssalam A.T.A Duludu, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pembentukan motivasi warga belajar dalam pengembangan kerampilan otomotif di PKBM Kuntum Mekar Desa Talulobutu Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan hasil dari observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pembentuk motivasi warga belajar dalam pengembangan keterampilan otomotif di PKBM Kuntum Mekar Desa Talulobutu Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango dari aspek perhatian bahwa pada dasarnya warga belajar kurang memiliki perhatian terhadap pelajaran yang diberikan. Dari aspek relevansi pengembangan keterampilan otomotif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat menunjukan bahwa sebagian besar warga belajar yang belajar disini merupakan warga belajar yang aktif dilingkungannya sendiri, pekerjaan rumah yang mereka lakukan seperti membantu orang tua, bertani dan lain-lain. Berdasarkan aspek percaya diri menunjukan bahwa pembelajaran yang dilakukan melalui program kecakapan hidup besar manfaatnya bagi warga belajar, karena bekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari kegiatan ini sangat berguna bagi warga belajar dalam meningkatkan pengetahuandan sikap serta menumbuhkan rasa percaya diri masyarakat serta mampu menyiapkan dirinya untuk hidup secara mandiri tanpa bergantung kepada orang lain. Berdasarkan aspek kepuasan menunjukan bahwa program tersebut berpengaruh positif bagi warga belajar yakni adanya kepuasan kemandirian dan intelektual dalam mencapai kecakapan hidup. Melalui pengembangan life skill pengembangan keterampilan otomotif warga belajar memiliki sikap optimis dalam melaksanakan keterampilan untuk meraih peluang usaha yang menjadikan hidup lebih mandiri.
Kata kunci: motivasi, keterampilan otomotif, lifeskill.
Download berkas