Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Risnawati Hamid. 2013. Hubungan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua (Ibu) dengan Partisipasi dalam Penyelenggaraan Pos PAUD Iloheluma Desa Tilote Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd. dan Pembimbing II Drs. Yakob Napu, M.Pd.
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan orang tua (ibu) dengan partisipasi dalam penyelenggaraan Pos PAUD Iloheluma Desa Tilote Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara tingkat pendidikan orang tua (ibu) dengan partisipasi dalam penyelenggaraan Pos PAUD Iloheluma Desa Tilote Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kuantitatif bersifat korelasional, teknik pengumpulan data dalam bentuk angket dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan orang tua dalam hal ibu (X) setelah dilakukan penskoran diperoleh persentase untuk tingkat pendidikan Sarjana 10%, persentase tingkat pendidikan Diploma sebesar 16, 60%, persentase tingkat pendidikan SMA sebesar 23,30, persentase tingkat pendidikan SMP sebesar 20%, persentase tingkat pendidikan SD sebesar 20% dan persentase untuk tidak tamat SD sebesar 10%. Sedangkan skor capaian tentang partisipasi dalam penyelenggaraan POS PAUD (Y) diperoleh persentase orang tua yang berpartisipasi aktif sebesar 63 % dan berpartisipasi pasif 27%. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua menunjukkan peran yang diharapkan. Oleh karena itu orang tua harus memahami betapa pentingnya pendidikan bagi anak dan betapa pentingnya partisipasi orang tua terhadap penyelenggaran POS PAUD. Dengan demikian hubungan antara pendidikan orang tua dengan partisipasi dalam penyelenggaraan Pos PAUD ditunjukkan oleh koefisien determinasi tersebut merupakan suatu angka persentase yang cukup besar. Kondisi ini tidaklah mengherankan karena tingkat pendidikan orang tua dengan partisipasi dalam penyelenggaran POS PAUD memiliki keterkaitan yang sangat signifikan. Dalam pengujian thitung sebesar 10,24 bila dikonsultasikan dari harga tdaftar pada tabel distribusi untuk t(0,95)(28) = 2, 04. Oleh karena itu memenuhi kriteria yaitu thitung lebih besar dibandingkan tdaftar, maka t hitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, jadi H0 di tolak dan dapat menerima H1. Implikasinya bahwa hipotesis alternatif yang berbunyi ”terdapat hubungan yang positif antara tingkat pendidikan orang tua dengan partisispasi dalam penyelenggaraan Pos PAUD desa dapat diterima dengan tingkat kepercayaan 95%.
Kata kunci: hubungan, tingkat pendidikan orang tua, partisipasi, Pos PAUD