Penulis / NIM
SRI SUSANTI S. SAHIDU / 121410067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Sri Susanti S. Sahidu. 2012. Deskripsi Pengelolaan Taman Penitipan Anak Mutiara Desa Dulamayo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Yakob Napu, M.Pd dan Pembimbing II ibu Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengelolaan Taman Penitipan Anak Mutiara Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo? Adapun tujuan penelitiannya adalah Untuk mendekripsikan Pengelolaan Taman Penitipan Anak Mutiara Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu; 1) Pengembangan rencana pembelajaran perencanaan penyelenggaraan di taman penitipan anak disusun secara bersama-sama pengurus dan tenaga pendidik adapun yang menjadi perencanaan yang disusun meliputi kegiatan mingguan dan kegiatan harian. Rencana kegiatan untuk anak di Taman Penitipan anak dilakukan secara umum bagi seluruh anak atau tidak bersifat individual hal ini dikarenakan bahwa kegiatan yang telah disusun oleh pengurus tidak terlalu berat bagi anak. Adapun Jadwal kegiatan ini disesuaikan dengan jadwal harian anak, jadi anak di Taman Penitipan Anak Mutiara tidak memiliki jadwal harian masing-masing, namun seluruh kegiatan harian mengacu pada jadwal pelaksanaan pembelajaran, 2) Dalam menjalankan kegiatan di Taman Penitipan Anak Mutiara para tenaga pendidik maupun pengasuh memperhatikan tingkat perkembangan, kebutuhan, minat dan karakter anak hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancer serta kesehatan dan gizi anak selalu diperhatikan dan merupakan hal yang utama, disamping itu pemberian gizi seimbang diberikan pada makanan tambahan maupun makanan pada siang hari dengan memberikan multivitamin bagi anak dan memperhatikan prinsip-prinsip pelaksanaan yang meliputi proses Pembelajaran dilaksanakan melalui bermain, kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesinambungan, dan bersifat pembiasaan, proses pembelajaran bersifat aktif, kreatif, interaktif, efektif, dan menyenangkan, dan Proses pembelajaran berpusat pada anak,
Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagi Pengelola, taman penitipan hendaknya lebih mengoptimalkan pengelolaan Taman Penitipan Anak sehingga dari segi kuantitas jumlah anak akan bertambah, 2) Bagi tenaga pendidik, hendaknya selalu memperhatikan perkembangan anak khususnya kesehatan gizi, kebutuhan serta karakter anak sehingga proses kegiatan pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
Kata Kunci : Pengelolaan, Taman Penitipan Anak
Download berkas