Penulis / NIM
MERY GOBEL / 121410071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL RAHMAT, M.Pd / 0005037806
Abstrak
ABSTRAK
Mery Van Gobel. 2012. Peran IGTKI dalam Meningkatkan Profesionalisasi
Pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusdin
Djibu, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Abdul Rahmat, S.Sos.I, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peran IGTKI dalam
meningkatkan profesionalisasi pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peran IGTKI dalam
meningkatkan profesionalisasi pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala. Penelitian ini
diharapkan mampu memberikan kontribusi positif pada peningkatan mutu pendidikan di
Kecamatan Pulubala.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini diklasifisikasikan kedalam penelitian
kualitatif yang bersifat deskriptif. Hal ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan atau
menggambarkan peran IGTKI dalam meningkatkan profesionalisasi pendidik PAUD di
Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Terdapat sejumlah indikator yang menjadi
substansi dalam mengukur hal tersebut. Indikator tersebut didasarkan pada sikap
profesionalisme keguruan dan juga didasarkan pada program kerja Pengurus Cabang
IGTKI-PGRI Kecamatan Pulubala. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
angket dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran IGTK Kecamatan Pulubala secara umum
masih dinilai masih membutuhkan perbaikan. Hal ini didasarkan pada fakta-fakta tentang
pemerataan informasi, pembentukan sikap, peningkatan keterampilan, pembentukan
mental kepemimpinan, dan peningkatan kesejahteraan, yang selama ini tidak sepenuhnya
dipenuhi oleh organisasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh informasi bawha frekuensi
jawaban responden yang memilih jawaban A secara keseluruhan mencapai 248 atau
dengan persentase 48,63%, sedangkan frekuensi jawaban responden yang memilih
jawaban B sebanyak 262 atau dengan persentase 51,37%. Data ini merupakan akumulasi
yang dirata-ratakan sehingga dapat dikatakan bahwa peran IGTKI dalam meningkatkan
profesionalisasi pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala dinilai kurang baik. IGTKI
Kecamatan Pulubala dalam menjalankan fungsi-fungsi organisasi tidak sepenuhnya
mengakomodasi kepentingan anggota. Biasanya anggota lebih banyak menjalankan
fungsinya sebagai konsekuensi kewenangan pucuk pimpinan organisasi. Terkait masalah
peran organisasi ini dalam meningkatkan profesionalisasi pendidikan PAUD di
Kecamatan Pulubala, ditemukan dua fakta yang harus diperbaiki yakni tentang perannya
dalam menanamkan sikap profesionalisasi keguruan dan penjabaran program kerja
pengurus.
Kata Kunci: peran, IGTKI, profesionalisasi, pendidik PAUD
Download berkas