SKRIPSI

Penulis / NIM
MERY GOBEL / 121410071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL RAHMAT, M.Pd / 0005037806
Abstrak
ABSTRAK Mery Van Gobel. 2012. Peran IGTKI dalam Meningkatkan Profesionalisasi Pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusdin Djibu, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Abdul Rahmat, S.Sos.I, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peran IGTKI dalam meningkatkan profesionalisasi pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peran IGTKI dalam meningkatkan profesionalisasi pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif pada peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Pulubala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diklasifisikasikan kedalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hal ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan peran IGTKI dalam meningkatkan profesionalisasi pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Terdapat sejumlah indikator yang menjadi substansi dalam mengukur hal tersebut. Indikator tersebut didasarkan pada sikap profesionalisme keguruan dan juga didasarkan pada program kerja Pengurus Cabang IGTKI-PGRI Kecamatan Pulubala. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran IGTK Kecamatan Pulubala secara umum masih dinilai masih membutuhkan perbaikan. Hal ini didasarkan pada fakta-fakta tentang pemerataan informasi, pembentukan sikap, peningkatan keterampilan, pembentukan mental kepemimpinan, dan peningkatan kesejahteraan, yang selama ini tidak sepenuhnya dipenuhi oleh organisasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh informasi bawha frekuensi jawaban responden yang memilih jawaban A secara keseluruhan mencapai 248 atau dengan persentase 48,63%, sedangkan frekuensi jawaban responden yang memilih jawaban B sebanyak 262 atau dengan persentase 51,37%. Data ini merupakan akumulasi yang dirata-ratakan sehingga dapat dikatakan bahwa peran IGTKI dalam meningkatkan profesionalisasi pendidik PAUD di Kecamatan Pulubala dinilai kurang baik. IGTKI Kecamatan Pulubala dalam menjalankan fungsi-fungsi organisasi tidak sepenuhnya mengakomodasi kepentingan anggota. Biasanya anggota lebih banyak menjalankan fungsinya sebagai konsekuensi kewenangan pucuk pimpinan organisasi. Terkait masalah peran organisasi ini dalam meningkatkan profesionalisasi pendidikan PAUD di Kecamatan Pulubala, ditemukan dua fakta yang harus diperbaiki yakni tentang perannya dalam menanamkan sikap profesionalisasi keguruan dan penjabaran program kerja pengurus. Kata Kunci: peran, IGTKI, profesionalisasi, pendidik PAUD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011