Penulis / NIM
HERLIAN KUWA BOTUTIHE / 121410124
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
ABSTRAK
Herlian K. Botutihe, 2012. Deskripsi Kreativitas Tutor Dalam Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif di PAUD Menara Laut Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Abdul Hamid Isa, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. Hi. Rusdin Djibu, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas tutor dalam mengembangkan Alat Permainan Edukatif di PAUD Menara Laut Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, serta kendala-kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana upaya pemecahannya? Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kreativitas tutor dalam mengembangkan alat permainan edukatif di PAUD Menara Laut Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, serta kendala-kendala yang dihadapi dan bagaimana upaya pemecahannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, serta teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasi penelitian menunjukkan bahwa kreativitas tutor dalam mengembangkan Alat Permainan Edukatif bahan bekas di PAUD Menara Laut Desa Olele Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, dapat meningkatkan motivasi belajar anak, dapat menciptakan pemanfaatan bahan-bahan bekas sebagai media pembelajaran, serta dapat melakukan efisiensi anggaran pendidikan. Kendala-kendala yang dihadapi tutor meliputi kendala internal dan kendala eksternal. Adapun kendala internal seperti; kurangnya perhatian dan motivasi warga belajar terhadap alat permainan yang digunakan, adanya kemajemukan tingkat imajinasi untuk memahami materi yang diajarkan melalui alat permainan penggunaan bahan bekas, serta adanya perasaan risih atau jijik warga belajar terhadap bahan-bahan bekas yang digunakan. Sedangkan kendala eksternal dapat berupa; keadaan bahan bekas yang kurang bersih, kumuh dan tidak layak digunakan untuk alat permainan serta adanya lingkungan belajar yang tidak kondusif. Terhadap kendala-kendala tersebut, maka solusi yang dilakukan tutor sebelum melangsungkan pembelajaran di antaranya; a) mengidentifi-kasi kesiapan belajar warga belajar, b) mengelompokkan belajar warga belajar berdasarkan tingkat imajinasi dan kepribadian yang dimiliki, c) memilih alat permainan yang cocok bagi warga belajar, d) memberi aneka warna yang menarik pada setiap jenis permainan, dan e) menjadikan tempat bermain warga belajar bersifat fleksibel dan menyenangkan serta tidak terganggu dengan hal-hal negatif lainnya
Kata Kunci: Kreativitas Tutor dan Alat Permainan Edukatif, PAUD
Download berkas