Penulis / NIM
ELEN GINOGA / 121410127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Abstrak
Elen Ginoga, 2012. Studi Kompetensi Paedagogik/Andragogik Tutor Program Paket B di Desa Lembah Hijau Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. Misran Rahman, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana kompetensi paedagogik/andragogik tutor pada Program Paket B di Desa Lembah Hijau Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kompetensi paedagogik/andragogik tutor Program Paket B di Desa Lembah Hijau Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, serta teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pada observasi awal kompetensi paedagogik/andragogik tutor pada Program Paket B di Desa Lembah Hijau Kecamatan Bonepantai terlihat masih belum optimal. Alasannya karena cara mengajar tutor masih bersifat formal paedagogik, yaitu terjadi pembatasan antara tutor dan warga belajar, sementara warga belajarnya bersifat majemuk dari segi usia dan daya balajarnya. sehingganya seorang tutor harus dapat memadukan sistem pembelajaran yang bersifat paedagogik dengan sistem pembelajaran yang bersifat andragogik atau pembelajaran bagi orang dewasa. Setelah dilakukan penelitian selanjutnya; ternyata kompetensi paedagogik/andragogik tutor pada Program Paket B di Desa Lembah Hijau Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango sudah cukup optimal. Indikatornya adalah; 1) tutor sangat kreatif merumuskan program pembelajaran; 2) tutor melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif; 3) tutor menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran secara profesional serta dapat mengkolaborasikan semua komponen pembelajaran, yaitu; antara materi pelajaran dengan metode, media¸ dan lingkungan atau kondisi warga belajar; serta 4) tutor melakukan evaluasi dan penilaian yang obyektif .
Kata Kunci: Kompetensi Paedagogik/Andragogik, Tutor, dan Program Paket B
Download berkas