Penulis / NIM
EMY RASJID / 121410130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Abstrak
ABSTRAK
EMY RASJID, 2012 Peranan Panti Asuhan Dalam Pembinaan Pendidikan Moral
Anak Di Panti Asuhan Ar-Rahman Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II. Dr. H.
Rusdin Djibu, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan panti asuhan
dalam pembinaan pendidikan Anak di Panati Asuhan Ar-Rahman Kecamatan
Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari pelaksanaan penelitian adalah untuk
mengethaui peranan panti asuhan dalam pembinaan pendidikan moral anak dip
anti asuhan Ar-Rahman Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan
data tersebut dianalisis secara kualitiatif deskriftif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa panti asuhan Ar-Rahman telah
memberikan pembimbingan moral yang menyebabkan anak-anak asuh menjadi
anak yang berkarakter dan berperilaku baik terhadap sesama, serta pemberian
bimbingan keterampilan yang sesuai dengan bakat anak sehingga anak asuh dapat
menciptakan lapangan kerja secara mandiri. Dengan demikian panti asuhan sudah
mampu melaksanakan peranannya dengan baik.
Disimpulkan bahwa pendidikan moral pada anak jalanan atau anak putus
sekolah sudah tertanam dengan baik terlihat dari sikap dan perilaku anak seharihari.
Oleh karena itu kepada pengasuh lebih memperhatikan dan lebih
meningkatkan pembinaan kepada anak agar mereka menjadi anak yang berhasil.
Bagi pengelola panti asuhan dan seluruh stakeholder yang terkait didalamnya
untuk memberikan bantuan dan perhatian yang cukup terhadap perkembangan
panti asuhan ini kedepan.
Kata Kunci : Peranan Panti Asuhan dan Pendidikan Moral
Download berkas