Penulis / NIM
HERLINA LOWANGA / 121411021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Pembimbing 2 / NIDN
HALIM K MALIK, S.Pd. M.Pd / 0023127102
Abstrak
ABSTRAK
Herlina Lowanga. 2015. Peran Pendidik dalam Membangun Kemampuan Berkomunikasi pada Anak Usia Dini di PAUD Pertiwi Desa Wubudu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Ummyssalam Duludu, M.Pd. dan Pembimbing II Halim K. Malik, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pendidik dalam membangun kemampuan berkomunikasi pada anak usia dini di PAUD Pertiwi Desa Wubudu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam membangun kemampuan berkomunikasi pada anak usia dini di PAUD Pertiwi Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada anak usia dini di PAUD Pertiwi Desa Wubudu Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara dinilai telah optimal melaui perannya sebagai sebagai educator (pendidik) yang mampu mengembangkan peran berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan, mengawasi dan membina serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak. Ditinjau dari aspek peran pendidik sebagai leader (memimpin), menunjukkan bahwa pendidik yang ada di PAUD Pertiwi memiliki kecakapan dalam memimpin, yang artinya mampu mempengaruhi, mengarahkan, membimbing, memotivatasi anak usia dini agar dapat belajar dengan target prestasi yang optimal. Berdasarkan tinjauan peran pendidik sebagai fasilitator menunjukkan bahwa sebagian besar pendidik yang ada di PAUD Pertiwi memiliki kemampuan dalam memfasilitasi anak pada kegiatan pembelajaran. Dimana pendidik mampu menyediakan fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar anak didik. Dari aspek peran pendidik sebagai motivator menunjukkan bahwa pendidik yang ada di PAUD Pertiwi secara langsung atau tegas menerima kepercayaan dan tanggung jawab yang diembankan terhadap anak didik.
Kata kunci: peran, pendidik, kemampuan berkomunikasi anak.
Download berkas