Penulis / NIM
URFIN INTAN SINI / 121411034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
ABSTRAK
Urfin Intan Sini, 2015. Deskripsi Kinerja Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Oleh Pembimbing 1 Dr. Misran Rahman, M.Pd dan Pembimbing 2 Drs. Yakob Napu, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kinerja Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Kinerja Pamong Belajar di SKB Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk memperoleh data dan informasi terhadap permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara bahwa Program pendidikan nonformal yang diselenggarakan oleh SKB ini belum sepenuhnya berjalan secara optimal. Hal ini dipengaruhi oleh belum optimalnya kinerja pamong belajar di SKB dengan baik dalam melaksanakan tupoksinya dengan melaksanakan program-program yang akan di selenggarakan. Tenaga pamong belajar yang ada di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sumalata ini masih kurang, sehingga program-program yang diselenggarakan masih kurang efektif dalam pelaksanaannya dan dapat menyebabkan tugas ganda bagi tenaga didik yang menyebabkan kurangnya profesionalitas yang seharusnya dimiliki oleh tenaga Pamong Belajar.
Kata kunci: Kinerja, Pamong Belajar, peserta didik.
Download berkas