SKRIPSI

Penulis / NIM
SARWIN MAHMUD / 121411040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Abstrak
ABSTRAK Mahmud, Sarwin. 2014. Meningkatan Pemahaman Anak Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Alam di PAUD Pontolo Indah Kabupaten Gorontalo Utara, Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing; (I) Dr. Misran Rahman, M.Pd, (II) Drs. Yakob Napu, M.Pd. Alam merupakan salah satu media pembelajaran potensial yang cocok digunakan sebagai optimalisasi pemanfaatan alam. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran tentang pemahaman anak melalui optimalisasi pemanfataan alam. Penelitian dilaksanakan di PAUD Pontolo Indah. Subjek penelitian ini adalah anak-anak PAUD Pontolo Indah Desa Ombulodata Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara sebanyak 20 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan pelasanaan PTK dilanjutkan dengan pelaksanaan PTK sebanyak dua siklus dan diakhiri dengan evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pendekatan model optimalisasi pemanfaatan alam, dalam prosesnya telah sesuai dengan indikator pencapainnya. Hasil observasi pada siklus I menunjukkan persentase 60%. Pada siklus II hal ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan menjadi 80%, 2) pemahaman anak didik meningkat dalam membedakan bentuk, ukuran dan warna daun. Ini terlihat dari hasil analisis data menunjukkan bahwa siklus I dari 20 orang anak didik yang tuntas hanya 9 orang atau mencapai 45%, menjadi 20 orang anak didik yang tuntas atau mencapai 100%, 3) pemahaman anak didik meningkat dalam menyebutkan bentuk, ukuran dan warna daun. Ini terlihat dari hasil analisis data menunjukkan bahwa siklus I dari 20 orang anak didik yang tuntas hanya 11 orang atau mencapai 55%, menjadi 19 orang anak didik yang tuntas atau mencapai 95%, 4) pemahaman anak didik meningkat dalam membedakan bentuk, ukuran dan warna daun. Ini terlihat dari hasil analisis data menunjukkan bahwa siklus I dari 20 orang anak didik yang tuntas hanya 14 orang atau mencapai 70%, menjadi 20 orang anak didik yang tuntas atau mencapai 100%. Kata Kunci : Pemahaman, Optimalisasi Pemanfaatan Alam
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011