Penulis / NIM
HELDA KARIM HARUN / 121412018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Helda Karim Harun. 2015. Pengaruh Kegiatan Kepramukaan terhadap Pembentukan Karakter Anak di Gugus Depan SDN 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusdin Djibu, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap pembentukan karakter anak di Gugus Depan Sekolah Dasar Negeri 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain penelitian adalah deskriptif asosiatif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dan studi pustaka. Menggunakan dua variabel (terikat dan bebas). Populasi sejumlah 74 orang peserta didik yang mengikuti kegiatan pramuka. Sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji normalis data dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara kegiatan pramuka terhadap karakter anak di Gugus Depan Sekolah Dasar Negeri 1 Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis di mana perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,860 dengan koefisien determinasi r2 = 0,74, hal ini berarti bahwa sekitar 74% variasi yang terjadi pada variabel Y (karakter anak) dapat dijelaskan oleh variabel Y (karakter anak). Selanjutnya dari hasil pengujian secara parsial dengan uji t, dimana thitung untuk kegiatan pramuka adalah 14,30 dengan probabilitas 0,000
Download berkas