Penulis / NIM
INRAWATI PARAMATA / 121412023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Abstrak
INRAWATI PARAMATA, 2015. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Sikap Sopan Pada Santun Pada Anak Usia Dini Di Paud Muara Tenang Desa Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode Yang Digunakan Adalah Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik PAUD Muara Tenang Desa Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara yang diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran pendidik sebagai perencana, yang harus mempersiapkan apa yang akan dilakukan didalam proses belajar mengajar dan suatu rancangan tentang proses interaksi pendidik, anak didik, sumber belajar dan lingkungan belajar anak sehingga dapat menghasilkan tujuan pendidikan yang diharapkan. Peran pendidik sebagai pelaksana harus dapat menciptakan situasi, memimpin, merangsang, menggerakan, dan mengarahkan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana, dimana ia bertindak sebagai orang sumber, konsultan kepemimpinan yang bijaksana dalam arti demokratik dan humanistik (manusiawi) selama proses berlangsung. Peran pendidik sebagai penilai yang harus mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan, dan akhirnya harus memberikan pertimbangan keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dapat dicapai oleh anak setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Kata Kunci : Peran Pendidik, Sopan Santun
Download berkas