SKRIPSI

Penulis / NIM
RANI HUSAIN / 121414012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL RAHMAT, M.Pd / 0005037806
Abstrak
ABSTRAK Rani Husain. 2018. "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Paket B di SKB Bone Bolango". Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusdin Djibu, M.Pd, Dan Pembimbing II Dr. Abdul Rahmat, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan program paket B di SKB Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SKB Bone Bolango Tahun 2018. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumetasi. Subjek penelitian warga belajar, tutor, pengelola dan tokoh masyarakat. Analisis data: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dan triagulasi teori. Dari hasil penelitian bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi warga belajar dalam mengikuti Pendidikan kesetaraan program paket B di SKB Bone Bolango dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut yang dominan mempengaruhi motivasi warga belajar adalah faktor internal seperti gangguan pada fungsi fanca indra, sikap warga belajar, pekerjaan warga belajar, dan tingkat kesadaran warga belajar. Saran dalam penelitian ini Tutor diharapkan mampu membantu kesulitan dan hambatan-hambatan yang dialami warga belajar saat belajar didalam kelas dan mampu menanganinya dengan cepat dan perlu meningkatkan motivasi warga belajar, dan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam setiap pertemuan mengingat waktu pembelajaran yang dilakukan secara singkat dan bisa sewaktu-waktu berubah, Pengelola diharapakan dapat menjalin hubungan dengan pihak-pihak terkait agar pembelajaran bisa terlaksana dengan baik, dan dapat meningkatkan fasilitas baik secara fisik maupun non fisik, Penyelenggara sebaiknya mengalokasikan dana untuk membantu warga belajar yang sudah memiliki ganguan pada fungsi panca indra agar pembelajaran berjalan dengan lancar. Kata kunci: Motivasi Belajar, Pendidikan, Prestasi. â ABSTRACT Rani Husain. 2018. "Factors Influencing Student Motivation in Following Equal Education Package B Program at SKB Bone Bolango". Thesis, Department of External Education Faculty of Education Universitas Negeri Gorontalo. Advisor I Dr. Rusdin Djibu, M.Pd, And Advisor II Dr. Abdul Rahmat, M.Pd This study aims to describe the factors that influence the motivation of studying citizens in following the equivalency program education package B in SKB Bone Bolango. This study uses a qualitative approach. Research location at SKB Bone Bolango Year 2018. Technique of collecting data through interview, observation, and documentation. Subjects of study residents, tutors, managers and community leaders. Data analysis: (1) data reduction, (2) data display, and (3) data verification. The validity of the data in this study using source triangulation, and theory triagulation. From the results of the study that the factors that influence the motivation of learning citizens in participating in package B equality education in the Bone Bolango SKB are influenced by two factors: internal factors and external factors. Of the two factors that predominantly influence the motivation of learning citizens are internal factors such as disturbances in the function of the five senses, the attitude of the learning community, the work of the learning community, and the level of awareness of the learning community. Suggestions in this study Tutors are expected to be able to help the difficulties and obstacles experienced by learning citizens when learning in class and able to handle them quickly and need to increase the motivation of learning citizens, and can make the best use of their time at each meeting considering the short learning time and can change at any time, Managers are expected to be able to establish relationships with relevant parties so that learning can be carried out properly, and can improve facilities both physically and non-physically, Organizers should allocate funds to help learning citizens who already have disturbances in the sensory functions so that learning runs smoothly. Keywords: Motivation Learning, Education, Achievement.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011