Penulis / NIM
ARLAN MADIHUTU / 121414013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Pembimbing 1 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Pembimbing 2 / NIDN
HALIM K MALIK, S.Pd. M.Pd / 0023127102
Abstrak
ABSTRAK
Arlan Madihutu. NIM 121 414 013. Peranan Pendidik Dalam Permainan Tradisional di PAUD Jabal Nur Desa Nagara Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara). 2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Ummyssalam, A.T.A Duludu, M.Pd., Pembimbing II: Halim K. Malik, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peranan pendidik dalam permainan tradisional di PAUD Jabal Nur Desa Nagara Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan tehnik wawancara. Pemilihan informan dalam penelitian tersebut adalah pendidik dan anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pendidik dalam permainan tradisional meliputi aspek direktor, inisiator, fasilitator, motivator dan evaluator. Saran dalam penelitian ini adalah pendidik bisa membantu setiap anak secara efektif serta dapat mengunakan kesempatan belajar dan bermain. Selain itu pendidik juga harus mampu menciptakan lingkungan yang bisa meningkatkan permainan tradisional.
Kata Kunci: pendidik, permainan tradisional.
ABSTRACT
Arlan Madihutu. NIM 121 414 013. The Role of Educators in Traditional Games at PAUD Jabal Nur Nagara Village, Eastern Bolangitang Sub-district, Bolaang Mongondow Utara District). 2018. Thesis. School of Outside School Education. Faculty of Science Education. Universitas Negri Gorontalo. Counselor I: Dr. Ummyssalam, A.T.A Duludu, M.Pd., Supervisor II: Halim K. Malik, S.Pd., M.Pd.
This study aims to determine the extent of the role of educators in the traditional games in PAUD Jabal Nur Village Nagara Eastern Bolangitang District Bolaang Mongondow Utara. This research was conducted using qualitative method. Data collection techniques used in this research are observation, documentation, and interview techniques. The selection of informants in the study were educators and children. Data analysis used in this research is data reduction, presentation, and conclusion.
The results of this study indicate that the role of educators in traditional games includes aspects of the director, initiator, facilitator, motivator and evaluator. Suggestions in this study is that educators can help each child effectively and can use the opportunity to learn and play. In addition, educators must also be able to create an environment that can improve the traditional game.
Keywords: educators, traditional games
Download berkas