Penulis / NIM
ABD. RAHMAN H. SALEH / 121415002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Abd. Rahman H. Saleh. 2022. SKRIPSI. "Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C di SKB Kota Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Drs. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C di SKB Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Paket C yang berjumlah 155 siswa sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik Sampling Insidental berjumlah 31 siswa.
Hasil penelitian yang dianalisis persentase menunjukkan bahwa dari motivasi belajar peserta didik paket C diperoleh hasil sebagai berikut: tertarik pada guru dengan persentase 72,92% berada pada kategori sedang, tertarik pada mata pelajaran yang diajarkan dengan persentase 66,38% pada kategori sedang, indikator mempunyai antusias yang tinggi serta menggendalikan perhatiaanya terutama kepada guru dengan persentase 71,64% pada kategori sedang, dan selalu mengingat pelajaran dan mempelajarinya kembali dengan persentase 74,84% pada kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik Paket C di SKB Kota Gorontalo sudah berada di kategori kurang baik. Untuk itu disarankan: 1) Diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi kepada pihak Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo agar dapat memberikan pemahaman kepada para guru tentang pentingnya motivasi belajar siswa, 2) Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi dan masukan guna memperluas pengetahuan dan pemahaman bagi motivasi belajar siswa baik kepada pimpinan SKB Kota Gorontalo, dan 3) Harapan peneliti skripsi ini dapat menambah wawasan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan khususnya pada motivasi belajar siswa serta dapat menambahkan teori-teori baru yang dapat mendukung dan memperbaharui penelitian.
Download berkas