Penulis / NIM
FAJRI LALISU / 121415006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ABDUL RAHMAT, S.Sos,I., M.Pd. / 0005037806
Abstrak
ABSTRAK
Fajri Lalisu. NIM 121415006 "Pengaruh Interaktif Kelas Terhadap Hasil Belajat Pada Program Paket B Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo Skripi.S1 Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Tahun 2020.. Pembimbing I Dr. Misran Rahman M.Pd dan Pembimbing II Prof. Dr. Abdul Rahmat S. Sos,I.,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris: apakah terdapat pengaruh antara pendekatan interaktif kelas terahadap peningkatan hasil pembelajaran warga belajar di Sanggar Kegiatan belajar (SKB) Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan hubungan kausal dimana terdapat variabel bebas dan terikat. Teknik analisis data melalui uji normalitas, uji validitas, teknik sampling dan uji persyarata analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil uji analisis regresi yang menunjukan bahwa nilai signifikan t hitung lebih kecil dari alpha dan nilai uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingganya H0 ditolak dan H1 diterima atau interaktif tutor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil pembelajaran. Untuk pengaruh interaktif kelas (X) adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan t Hitung5,075> t tabel 1,701 , .Dengan demikian hipotesis uji t untuk Ha (variabe linteraktif kelas) berpengaruh. Dengan demikian hipotesis pertama (Ha) dapat dibuktikan atau diterima
Kata Kunci : Interaktif Kelas, Hasil Belajar
Download berkas