Penulis / NIM
RIAWATY O. HUSAIN / 121415018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Riawaty O. Husain. Nim 121 415 018. 2019. ƒ..."Penerapan Metode Pembelajaran Experiential Learning Untuk Motivasi Warga Belajar Program Paket C Setara SMA Di SPNF Kota Gorontaloƒ‚. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan Pembimbing II : Dr. Rusdin Djibu, M.pd, dan Dr. Mohamad Zubaidi, M.pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran experiential learning untuk motivasi warga belajar paket C setara SMA di SPNF Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif descriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini ada enam (6) poin penting dalam penerapan metode pembelajaran Experiential Learning program Paket C di satuan pendidikan non formal-sanggar kegiatan belajar Kota Gorontalo yaitu berikut ini: (1) Tutor/Pamong bersifat terbuka (Open Minded), (2) Tutor/Pamong memberikan rangsangan dan motivasi, (3) Warga Belajar dapat bekerja secara individual atau kelompok, (4) Para warga memecahkan masalah, (5) Warga belajar aktiv berpartisipasi, (6) Keseluruhan kelas menyajikan pengalaman yang telah di pelajari. Enam poin ini merupakan suatu hal penting dalam menerapkan model pembelajaran Experiential Learning yang pada dasarnya menekankan pada kapasitas warga belajar untuk menggali potensi berdasarkan pengalamannya. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa pamong belajar dan warga belajar saling interaksi dalam proses pembelajaran program Paket C setara SMA mengarah kepada pengenalan pengalaman untuk pendidikan yang berbasis pengalaman.
Kata kunci: PamongBelajar, Experiential Learning.
Download berkas