Penulis / NIM
SITTI CHAIRUNNISAH MAULUDU / 121415020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
ABSTRAK
Sitti Chairunisa Mauludu. 121 415 020. Skripsi ƒ..."Deskripsi Motivasi Masyarakat Dalam Berwirausaha Online di Desa Popodu Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolangoƒ‚. Jurusan Pendidikan Masyarakat. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mohamad Zubaidi, M.Pd. dan Pembimbing II Halim K. Malik, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Motivasi Masyarakat dalam Berwirausaha Online di Desa Popodu Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bonebolango. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Customer, Sales, Distributtor, yang masyarakat yang ada di Desa Popodu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi Masyarakat Dalam Berwirausaha Online peneliti mengambil 4 informan menjadi pelaku bisnis online. Dalam motivasi masyarakat dalam berwirausaha online pada Desa Popodu mendapat 4 hal yang mendorong pada masyarakat dalam berbisnis online: (1) Motivasi Intrinstik, Motivasi keinginan dari diri sendiri dalam berbisnis online. (2) Motivasi Ekstrinstik, Dorongan dari keluarga teman maupun Lingkungan. (3) Memanfaatkan Peluang, memanfaatkan peluang dalam berbsinis online. (4) KebebasanMengandalikan Diri Sendiri, ketika sudah bisa berbisnis online mitra kerja yang beretamn dalam berwirausaha online.
Kata Kunci: Motivasi, Masyarakat, Bisnis Online
Download berkas