Penulis / NIM
SRI YANTI DARISE / 121415028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MASYARAKAT
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. RUSDIN DJIBU, M.Pd / 0027046409
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ABDUL RAHMAT, S.Sos,I., M.Pd. / 0005037806
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yanti Darise. 121 415 028. Skripsi ƒ..."Peran Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Quran Di Taman Pengajian Anak Babul Khair Kelurahan Tenda Kecamatan Hulondalangi Kota Gorontaloƒ‚. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusdin Djibu., M.Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. Abdul Rahmat S.Sos.i., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Quran di TPA Babul Khair. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru TPA Babul Khair, Orang Tua yang anakanya belajar mengaji di TPA Babul Khair. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dan guru motivasi belajar Al-Quran di TPA Babul Khair. Peran Pendiidkan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Quran Anak. Hasil Penelitian meneunjukan bahwa dalam terbagi dalam: (1) Saling menghargai anatara anak dan orang tua. (2) Meenerima Kritikan. (3) Menciptakan iklim yang kondusif. (4) Bebas Berinisiatif. (5) Anak bebas memilih dan bertindak. Dan motivasi belajar ada dua: (1) Intrinstik. (2) Ekstrinstik.
Kata Kunci: Pola Asuh, Motivasi, Membaca Al-Quran, TPA.
Download berkas